Minggu, 22 Maret 2015

Tekhnologi VoIP



Teknologi Voice over IP atau yang biasa dikenal VoIP adalah sebuah caraberkomunikasi suara (voice) melalui jaringan Internet, sehingga komunikasi jarak jauh SLJJ maupun SLI dapat dilakukan dengan biaya lokal. Dan telepon akan berdering secara normal hanya saja suaranya, kadang tidak sejernih layanan operator resmi SLI. Kehadiran Internet sebagai produk dari revolusi berkomunikasi secara cepat mengubah cara hidup kita. Internet menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan yang menarik tetapi juga dengan resiko-resikonya.


VoIP atau Voice over IP ini memiliki berbagai keuntungan baik bagi pelanggan, maupun bagi penyedia jasa internet telepon
1.       Cost reduction
Dengan adanya feature silence supresion dan voice activity detection (VAD), bandwidth jaringan yang ada dapat sekaligus dipakai untuk transmisi data dan suara. Selain itu, karena informasi dikirimkan dalam bentuk paket. Sehingga satu kanal dapat dipakai bersama- sama, sehingga biaya percakapan untuk interlokal dan internasional dapat direduksi. Reduksi biaya waktu pecakapan mencapai 50% - 60%.
2.       Simplification.
Integrasi jaringan voice dan data memudahkan standarisasi dan minimisasi perangkat yang digunakan
3.       Consolidation.
Kemampuan penanganan gangguan, dan konsolidasi serta kombinasi operasional lebih efisien.
4.       Advanced application.
Keuntungan jangka panjang dari VOIP meliputi
support untuk multimedia dan aplikasi
multiservice.
Dalam VoIP, suara diubah menjadi data dan
dikirim lewat jaringan Internet. Penggunaan protokol Internet ini digunakan karena packet switch-nya tidak pernah menganggur. Sehingga, kalau ada kanal kosong langsung diisi suara-suara lain yang dikirimkan ke alamat-alamat yang dituju. Hanya saja kadang kala ketika suara masuk, kanal yang diminta sudah terisi suara lain sehingga pembicaraan bisa terputus (drop) sejenak.

Motivasi pengembangan VOIP berangkat dari beberapa keuntungan dari segi teknologi, platforn, maupun solusi dan aplikasi penggunaan VOIP, baik di sisi pengguna maupun penyedia jasa internet telepone. Perkembangan teknologi itu dapat digambarkan seperti pada gambar-2

Komponen-komponen H.323 yang digunakan pada jaringan VoIP antara lain:
1.    H.323 Gatekeepers.
Gatekeeper adalah peralatan yang mengendalikan dan mengatur panggilan untuk terminal. Gatekeeper menyediakan layanan: translasi alamat, kontrol admisi, dan kontrol akses dari endpoint, managemen bandwidth, dan kemampuan routing.
Terminal. Terminal atau client adalah end-point dimana data stream H.323 dan pensinyalan berasal dan berakhir. Teminal dapat berupa PC multimedia dengan protokol yang sesuai dengan standard H.323 atau peralatan yang berdiri sendiri sebagai Universal Serial Bus (USB) IP Telepone.
2.    H. 323 Gateways
Gateway menghubungkan jaringan data dan jaringan telpon. Gateway bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai translasi yang dibutuhkan untuk transmisi melalui prosedur kontrol dan pensinyalan. Gateway terdiri dari: media gateway, media gateway controller, dan modul pensinyalan.
3.    Multipoint Control Unit.
Mutipoint Control Unit adalah endpoint jaringan yang menyediakan kemampuan bagi tiga atau lebih terminal dan gateway untuk melakukan multipoint conference. MCU terdiri atas multipoint controller (MC) dan multipoint processor (MP).

Penjelasan stack protocol dapat ditunjukkan seperti tabel dibawah ini :
 


Semoga bermanfaat ^_^

1 comments: