Kamis, 01 Mei 2014

RUMUS VLOOKUP DAN IF DALAM FUNGSI MICROSOFT EXCEL

   Fungsi dari Pembelajaran ini agar kita dapat mempercepat pekerjaan kita dalam hal misalnya : Akutansi, yang mana sangat memerlukan pembelajaran ini.
 
Saya akan menjelaskan secara singkat tentang bagaimana cara dari pembelajaran ini.
1.    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara menyiapkan bahan misalnya : Database Hardware,Peripheral,Acsessoris  seperti gambar di bawah ini.
2.    Langkah kedua yang harus dilakukan adalah dengan membuat desain untuk penjualan atau menurut tugas yang telah diberikan oleh guru kalian. Misalkan seperti gambar dibawah ini:
3.    Langkah selanjutnya yaitu dengan menuliskan rumus pada kolom yang telah ditentukan. Seperti gambar dibawah ini:
Ø Kolom Nama Barang, yaitu kolom yang akan menampilkan nama barang menurut kode yang telah dituliskan di Kolom Kode.
Ø Rumus yang dituliskan , yaitu suatu rumus yang dituliskan guna menghubungkan/melinkkan nama barang sesuai kode yang dituliskan.

Menampilkan BONUS dengan menggunakan rumus “Bonus
“Bonus” ini dapat ditambahkan bila ada konten bonus yang dapat didapatkan dengan syarat-syarat tertentu seperti dibawah ini.
1.    Langkah pertama yang harus dilakukan sama seperti merumuskan If dan VlookUp yaitu dengan membuat terlebih dahulu DataBase sebagai persyaratan “Bonus” itu sendiri. Misalkan seperti gambar dibawah ini.


2.    Langkah kedua yaitu dengan menuliskan rumus yang akan menampilkan dengan sendirnya bonus berupa barang atau apapun yang telah disediakan dengan persyaratan tertentu. Misalkan seperti gambar dibawah ini.
Ø Kolom yang dipilih untuk menampilkan “Bonus” yang disediakan.
Ø Rumus yang dituliskan guna menampilkan dengan sendirinya “Bonus” berupa barang atau apapun pada kolom yang telah dipilih.
="BONUS   :     "&IF(F24>=5000000,"MP4 Player",IF(F24>=3000000,"Power Bank",IF(F24>=2000000,"Flask disk",IF(F24>=1000000,"Softcase Notebook",IF(F24<=1000000,"-","")))))


0 comments

Posting Komentar